Tips Ampuh Menjaga Kelembaban Bibir Agar Tidak Kering Saat Puasa

Mengatasi bibir pecah pecah Selama Puasa

Kita tidak hanya wajib memperhatikan asupan nutrisi tapi juga cairan ketika menjalankan ibadah puasa. Tercukupinya kebutuhan akan cairan tidak hanya membuat tubuh lebih segar namun juga menghindarkan kita dari gangguan kesehatan. 

Sebaliknya, kekurangan cairan memicu dehidrasi yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan penampilan. Salah satunya bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah menjadi masalah yang lazim saat kita menjalankan ibadah puasa. Meskipun sepele, bibir kering dan pecah-pecah sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, pastikan cukupi kebutuhan cairan saat makan sahur.

Ada beberapa cara yang bisa anda aplikasikan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat menjalani puasa. Simak tipsnya berikut ini :

1. Mengkonsumsi Mentimun


Kandungan air dalam mentimun dapat mencukupi nutrisi untuk kulit bibir anda, jadi anda dapat menggunakannya untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah agar lebih segar. 

Mentimun juga berkasiat menghilangkan warna hitam pada bibir anda, karena kandungan air dalam mentimun dapat menghilangkan noda dan flek hitam pada wajah, sekaligus dapat mencerahkan kantong mata hitam, karena biasanya dipakai untuk pelengkap masker dan diletakkan pada bagian mata. 

Khusus untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat menjalankan puasa, anda bisa mengkonsumsi mentimun saat sahur dan buka. Dimakan langsung maupun sebagai lalap. Ekstrak buah mentimun juga bisa anda oleskan langsung pada bibir untuk beberapa menit di pagihari saat anda hendak beraktifitas di bulan puasa.

2. Oleskan madu pada bibir anda, dan meminum madu.

Mengatasi bibir pecah pecah Selama Puasa 1

Madu terbukti ampuh mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Madu mampu menjaga kelembapan bibir anda. Selain itu, madu juga membantu menjaga kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. Oleskan madu pada bibir saat tidur, dan minum madu saat berbuka puasa dan makan sahur akan membuat kondisi Anda lebih baik.

3. Hindari kebiasaan menjilat bibir.

Mengatasi bibir pecah pecah Selama Puasa 2

Menjilat bibir sering dianggap membantu melembabkannya. Padahal kebiasaan salah tersebut justru memperburuk kondisi kulit bibir Anda. Air liur yang menempel pada bibir akan membuat bibir Anda lebih kering. Karena itu hindari kebiasaan menjilat dan membasahi bibir.

4. Kurangi makanan pedas dan asin.


Makanan pedas dan asin memang nikmat dan menggugah selera. Namun berlebihan mengonsumsinya akan memperburuk kondisi bibir Anda. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin.

5. Konsumsi buah dan sayuran.


Buah dan sayuran kaya nutrisi yang menyehatkan tubuh dan mengatasi bibir kering. Untuk itu, pastikan konsumsi buah dan sayuran saat sahur dan buka puasa yang mengandung banyak air, vitamin dan mineral. Hal itu sangat baik untuk menjaga kelembaban bibir serta menghindari bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

6. Oleskan lip balm alias pelembab bibir.


Lip balm membantu menjaga kelembaban bibir Anda sehingga masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa berkurang.

7. Banyak minum air putih saat buka dan Sahur.

Mengatasi bibir pecah pecah Selama Puasa7

Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah tubuh kekurangan air. Minumlah air putih dengan jumlah yang mencukupi ketika sahur dan berbuka puasa. Agar air di dalam tubuh kita yang telah hilang ketika proses dehidrasi dapat tergantikan. 


8. Membantu mengelupas kulit bibir.

Mengatasi bibir pecah pecah Selama Puasa8

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat bibir kering, Anda bisa membantu mengelupas kulit bibir. Caranya dengan membasahi kapas menggunakan air hangat, lalu oleskan pada bibir hingga kulit kering terkelupas. Jangan menggosok terlalu keras agar tidak melukai bibir.

Semoga informasi tentang Penyebab Bibir Kering dan Pecah Saat Puasa dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post